Mulai Oktober 2009, pasang Sungai Musi plus curah hujan yang jarang berhenti menggenangi pemukiman penduduk yang berada di wilayah Tangga Buntung dan sekitarnya, tidak terkecuali ketiga SD pilot project tadi.. (Tak usahlah disebutkan di sini. Kalau minta penjelasan, lewat mail saja ya … This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

Halaman sekolah praktis jarang dipergunakan karena tergenang air. Bahkan di SD N ini, pekarangan samping kantor jadi kolam renang bagi anak-anak sekitar. Karena itulah, sejak Oktober 2009 – Februari 2010, murid di ketiga SD N ini jarang mengikuti upacara bendera, seperti pernah kita ikuti di masa lalu..

Bagaimana para murid berolahraga?

Sejauh pengamatan kami, anak-anak itu lebih banyak belajar teori olahraga daripada “berolahraga beneran”. Alasan memang “dapat dipahami sepenuhnya”. Halaman sekolah tergenang air.

Kalaupun anak-anak berolahraga, biasanya mereka menggunakan sela-sela jalan papan menuju sekolah. Anak-anak itu harus menyisih kalau ada becak atau sepeda motor lewat.

Sebagai selingan, yaaaa… sesekali lari ke jalan-jalan kampung.

YBV telah berupaya membawa para petinggi Disdikpora Kota dan UPTD Disdikpora Kecamatan bersangkutan agar tergerak untuk memprioritaskan pembangunan di ketiga SD tersebut, setelah melihat dengan MATA KEPALA mereka sendiri. Namun hingga tahun kedua, selama kita tekun hilir mudik di ketiga sekolah tersebut belum ada perubahan yang berarti berkaitan dengan prasarana sekolah.

Alasannya? Keterbatasan biaya!

Kita telah menunjukkan cara bagaimana menggalang dana dari orang tua, pemerhati pendidikan, maupun sponsor … melalui pelatihan Komite Sekolah untuk orang tua murid, para guru, dan tokoh masyarakat setempat. Tapi, kendalanya lagi-lagi terletak pada masalah “penghendakan”. Mentalitas dan etos kerja “begini saja … nggak apa-apa koq, ngapain repot-repot”; menjadi batu sandungan yang mesti disingkirkan, sebelum berharap terlalu banyak.

(Mari sini… Lihat dan alamilah sendiri).

Copyright © 2013 Bina Vitalis. All Rights Reserved.