Aku berhak menyatakan dan dihargai pendapatku

 

Anak, bukan sekedar barang milik orang tua atau orang dewasa yang boleh diperlakukan sesuka orang dewasa/orang tua. Anak mempunyai hak mendasar (azasi) yang sudah disepakati dalam bentuk kovenan tingkat internasional dan Indonesiapun sudah meratifikasinya.

Bahkan Indonesia juga sudah memiliki Undang-Undang tentang Perlindungan Anak.

Salah satu hak anak yang masih sering diabaikan adalah hak anak untuk menyatakan dan dihargai pendapatnya dengan alasan/dalih tradisi, adat, budaya dsb.Anak diposisikan sebagai yang belum memiliki hak, sehingga harus tinggal menurut saja pada kemauan orang dewasa.

Padahal dalam diri anak ada "dunia"nya sendiri yang tidak bisa tergantikan. Bagaimana orang tua memperlakukan anak, akan membentuk kepribadiannya.

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki

Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi

......

Jika Anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri dst, demikian tulis Doroty Law Nolte.

 

Pasal 10, UU No. 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak menyatakan : Setiap Anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.

Dalam rangka Hari Anak Nasional, pada tanggal 2 - 3 Juli 2013, Yayasan Bina Vitalis atas dukungan Terre des Hommes Netherlands menggelar acara perkemahan dan temu kreatifitas Anak.

Diikuti sekitar 120 anak, acara digelar di arena Bina Vitalis Adventure Camp (BIVAC). HAN sendiri sebenarnya jatuh pada tanggal 23 Juli, namun karena  tanggal tersebut anak-anak sudah masuk sekolah dan bulan Ramadan, maka acara digelar sebelumnya.

Acara dikemas dalam bentuk perkemahan, diisi dengan diskusi dan refleksi tentang hak berpartisipasi, dilanjutkan dengan kegiatan aneka game out door (out bond). Hasil diskusi dan refleksi anak-anak dituangkan dalam bentuk rekomendasi yang diikrarkan anak-anak pada penghujung kegiatan ini.

Support dan dukungan datang dari berbagai pihak, misalnya bantuan tenda dari pangklan Udara AURI Palembang dsb.

 

 

Copyright © 2013 Bina Vitalis. All Rights Reserved.