Bengkulu, meruapakan wilayah Indonesia yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana, sering disebut dengan  daerah yang masuk dalam "ring of fire". Kerentanan tersebut diperparah dangan "memori pendek" warga masyarakat pada umumnya, sehingga soal bagaimana  menghadapi  bencana  yang sewaktu-waktu bisa datang tidak terbangun dengan konsisten dan berkelnjutan.

Bekerjasama dengan The Johanniter International Assistance, Bina Vitalis Bengkulu bergerak untuk menumbuhkembangkan kesiap siagaaan dan pengurangan resiko bencana.

Kelompok sasaran (target groups) kegiatan ini adalah wilayah/masyarakat di desa-desa pinggiran pantai  di Provinsi Bengkulu.

Tujuan kegiatan ini adalah:

  1. Mensosialisasikan peran  kelompok-kelompok masyarakat dalam menghadapi bencana
  2. Membangun kesadaran masyarakat dalam membangun ketahanan mengahadapi dan mengurangi resiko bencana.
  3. Mengembangkan strategi pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat/komunitas.


Kegiatan dilakukan melalui: diskusi-diskusi kelompok masyarakat, misalnya kelompok dasa wisma, kelompok swadaya masyarakat, juga lewat sekolah-sekolah untuk anak-anak.

Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat selalu memiliki kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dan masyarakat dapat berperan lebih optimal dalam menghadapi dan menurangi resiko bencana.

Dukungan yang diberikan oleh The Johanniter antara lain:

  1. ToT PRB dan Pertolongan Pertamauntuk fasilitator
  2. Logistik untuk kegiatan

Copyright © 2013 Bina Vitalis. All Rights Reserved.