Bina Vitalis adalah lembaga nirlaba yang berkomitmen pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dan perkotaan di Indonesia. Bina Vitalis didirikan pada tahun 1995 di Palembang, Sumatera Selatan untuk mendukung masyarakat miskin dalam upaya mewujudkan kesejahteraan mereka. Lingkaran kemiskinan yang diperburuk dengan berbagai bencana telah mengakibatkan hak-hak  anak atas tumbuh kembang serta hak atas perlindungan semakin terancam. Kondisi ini akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Visi Bina Vitalis

“Mewujudkan masyarakat desa/kelurahan mandiri dan sejahtera dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.”.

Misi  Bina Vitalis

  1. Meningkatkan kapasitas masyarakat, tenaga pendamping/Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, dan kelembagaan ekonomi desa.
  2. Secara aktif memberikan masukan kepada pemerintah dan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan inovatif untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa/perkotaan terutama untuk issue kesejahteraan anak, issue pengembangan ekonomi desa, dan penanganan bencana.
  3. Membangun jaringan dan kemitraan dengan berbagai stakeholder untuk pengembangan lembaga dan pembangunan masyarakat.

Makna Logo

Logo Bina Vitalis terdiri dari 3 orang dalam tiga warna (putih, biru,    kuning) memiliki makna proses pemberdayaan masyarakat. Masyarakat yang sebelumnya dalam   kondisi masyarakat tidak berdaya (warna putih), berkembang menjadi masyarakat  berdaya (warna biru), dan menjadi masyarakat sejahtera yang peduli terhadap sesama (kuning). Logo tersebut juga menggambarkan prinsip utama Bina Vitalis, yaitu kerjasama, kesetaraan, dan pluralisme sebagai kekuatan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.